Kurikulum

Fakultas Psikologi

Capaian Pembelajaran (CP) adalah pernyataan tentang apa yang harus dapat dilakukan oleh lulusan suatu program studi sesuai dengan profil lulusan yang telah ditetapkan. Penyusunan CP diturunkan dari profil lulusan dengan cara menguraikannya ke dalam unsur-unsur deskripsi pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Perumusan CP dilakukan dengan memasukkan pula sejumlah komponen, yaitu: indikator tingkat capaian, visi dan misi program studi, bidang ilmuan dan keahlian, kemungkinan bahan kajian yang diperlukan untuk membangun CP yang direncanakan, referensi program studi sejenis, peraturan-peraturan yang ada, dan kesepakatan program studi sejenis di lingkup wilayah tertentu. Dalam kurikulum ini, Capaian Pembelajaran (CP) menjadi komponen yang sangat penting. CP dapat dipandang sebagai resultan dari hasil Keseluruhan proses belajar yang telah ditempuh oleh seorang pembelajar/ mahasiswa selama menempuh studi pada satu program studi. Keempat unsur CP menjadi kesatuan yang saling mengait dan juga membentuk relasi sebab akibat. Secara umum CP dapat melakukan beragam fungsi, di antaranya:

  1. Sebagai penciri, deskripsi, atau spesifikasi dari Program Studi
  2. Sebagai ukuran, rujukan, pembanding pencapaian jenjang pembelajaran dan pendidikan
  3. Kelengkapan utama deskripsi dalam Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI)
  4. Sebagai komponen penyusun kurikulum dan pembelajaran

 

Unsur Capaian Pembelajaran

  1. Sikap dan Tata Nilai: Merupakan perilaku benar dan berbudaya sebagai hasil internalisasi dan aktualisasi nilai dan norma yang tercermin dalam kehidupan sosial dan spiritual melalui proses pembelajaran, pengamalan kerja mahasiswa, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran. CP Sikap dan Tata Nilai ini telah ditetapkan dalam SN-Dikti, dan ditambahkan dengan sikap khusus yang sesuai dengan ciri perguruan tinggi.
  2. Keterampilan Umum:Merupakan kemampuan kerja umum yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan dalam rangka menjamin kesetaraan kemampuan lulusan sesuai tingkat program dan jenis pendidikan tinggi. CP Keterampilan Umum ini telah dirumuskan oleh SN-Dikti, dan mengakomodasi nilai-nilai universitas.
  3. Keterampilan Khusus: Merupakan kemampuan kerja khusus yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan sesuai dengan bidang keilmuan program studi. CP Keterampilan Khusus disusun oleh program studi berdasarkan keputusan asosiasi program studi dan visi keilmuan program studi, yang mana perumusannya disesuaikan pula dengan level KKNI program sarjana, yakni mampu mengaplikasikan, mengkaji, membuat desain, memanfaatkan IPTEKS, dan menyelesaikan masalah.
  4. Pengetahuan: Merupakan penguasaan konsep, teori, metode, dan/ atau falsafah bidang ilmu tertentu secara sistematis yang diperoleh melalui penalaran dalam proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/ atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran. CP Pengetahuan disusun oleh program studi berdasarkan keputusan asosiasi program studi dan visi keilmuan program studi, yang mana keluasan dan kedalamannya disetarakan dengan standar isi pembelajaran dalam SN-Dikti.

No

Capaian Pembelajaran (CP)

SumberAcuan

I.

Aspek Sikap

Lampiran Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

 

I.1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious

 

I.2 Mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan  dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,

moral, dan etika

 

I.3 Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

 

I.4 Mampu berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

 

I.5 Mampu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain

 

I.6 Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

 

I.7 Mampu mentaati hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

 

I.8 Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

 

I.9 Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab  atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

 

I.10 Mampu menginternalisasi semangat  kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

 

I.11 Mampu berkontribusi dalam memberikan pelayanan dengan penuh cinta kasih

Keunikan dari Prodi Psikologi UMPR

II.

Aspek Pengetahuan

Kep AP2TPI Nomor: 06/Kep/AP2TPI/2018

Tentang Kurikulum Inti Program Studi Psikologi Jenjang Sarjana

 

II.1 Menguasai konsep dasar dan teori psikologi untuk menggambarkan dan menganalisis berbagai gejala psikologi pada individu, kelompok, organisasi, dan komunitas

 

II.2 Mampu memahami dan menerapkan metode penelitian dasar psikologi, termasuk rancangan penelitian, analisis data dan interpretasinya

 

II.3 Mampu memahami konsep dasar asesmen psikologis dalam menganalisis gejala psikologis pada individu, kelompok, organisasi, dan komunitas

 

II.4 Mampu memahami konsep intervensi non-klinis berdasarkan prinsip-prinsip perubahan perilaku pada individu, kelompok, organisasi dan komunitas.

 

II.5 Mampu menguasai prinsip-prinsip literasi data, teknologi, dan humanitas

 

II.6 Mampu menguasai prinsip serta teknik Psychological First Aid

Keunikan dari Prodi Psikologi UMPR

III.

Aspek Keterampilan Umum

Lampiran Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

 

 

III.1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengethuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

 

III.2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

 

III.3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

 

III.4 Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

 

III.5 Mampu mengambil keputusan secara tepat  dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data

 

III.6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun luar lembaganya.

 

III.7 Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya

 

III.8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

 

III.9 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

 

III.10   Mampu memublikasikan karya akademik dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir yang diunggah dalam laman perguruan tinggi

 

III.11 Mampu beradaptasi, bekerjasama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global

 

III.12 Mampu menegakkan integritas akademik secara umum dan mencegah terjadinya praktik plagiarism

 

III.13 Mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian

 

III.14 Mampu menggunakan minimal satu bahasa internasional untuk komunikasi lisan dan tulis

 

III.15 Mampu beradaptasi pada kegiatan mitigasi kebencanaan

Keunikan dari Prodi Psikologi UMPR

IV.

Aspek Keterampilan Khusus

Kep AP2TPI Nomor: 06/Kep/AP2TPI/2018 Tentang Kurikulum Inti Program Studi Psikologi Jenjang Sarjana

 

IV.1 Mampu melakukan interview, observasi, tes psikologi yang diperbolehkan sesuai dengan prinsip psikodiagnostik dan Kode Etik Psikologi Indonesia

 

IV.2   Mampu mengembangkan instrumen pengukuran psikologi berlandaskan pada kaidah-kaidah teori tes klasik

 

IV.3 Mampu menganalisis persoalan psikologis non- klinis dan persoalan perilaku, serta menyajikan alternatif pemecahan masalahnya yang sudah ada

 

IV.4 Mampu melakukan intervensi psikologi non klinis untuk perubahan perilaku individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat dengan menggunakan konseling, psikoedukasi, pelatihan dan teknik intervensi lain yang diperbolehkan dengan mendasarkan diri pada konsep teoritis dalam psikologi dan Kode Etik Psikologi Indonesia

 

IV.5 Mampu memperoleh informasi dari data dan melakukan analisis data secara bertanggungjawab

 

IV.6 Mampu memperoleh serta mengolah informasi melalui penggunaan teknologi secara bertanggungjawab dalam konteks psikologi

 

IV.7 Mampu melakukan penelitian psikologi dengan metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif generik

 

IV.8 Mampu menuangkan pemikiran konseptual maupun hasil penelitian psikologi dalam bentuk tulisan ilmiah sesuai dengan kaidah etik dan profesionalisme

 

IV.9 Mampu merencanakan dan mengembangkan karier dan pengembangan dirinya sendiri (career and personal development)

 

IV.10 Mampu mempertanggungjawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia

 

IV.11 Mampu melakukan intervensi melalui berbagai macam terapi yang sesuai dalam mitigasi

Keunikan dari Prodi Psikologi UMPR

 

IV.12 Mampu memberikan pelayanan psikologis yang menyenangkan, hangat, dan penuh perhatian

Text box item sample content